Yuk Icip-Icip Makanan Khas Jawa Tengah Yang Maknyus

Yuk Icip-Icip Makanan Khas Jawa Tengah Yang Maknyus

Daerah pesisir provinsi Jawa Tengah memberikan banyak pilihan kuliner yang enak. Di setiap kota terdapat sajian khas dan patut dicicip wisatawan yang berkunjung. Mulai dari kota Kartini yakni Jepara, Demak, Pati, Semarang, Pekalongan, hingga Kota Kudus dan Kota-Kota lainya. Berikut ini aneka makanan khas Jawa Tengah yang patut dicicipi bila berkunjung ke sekitar Jawa Tengah :

 

Jepara

Makanan khas Jawa Tengah pertama datang dari Kota Jepara. Di tempat kelahiran pahlawan wanita Kartini ini, terdapat kuliner opor panggang dengan cita rasa yang nikmat. Potongan daging ayam kampung  yang dipanggang kemudian direndam di kuah santan menjadikan kuliner yang satu ini begitu makyus dan gurih. Ada lagi Pindang Serani, hidangan ini dibuat dengan bahan utama ikan serani dengan rasa kuah pedas, manis, dan asam. Selain itu, ada hidangan Kekep antep dari Jepara. Kekep Antep ini berbahan utama daging sapi. Kekep Antep dimasak dengan tambahan bumbu asam jawa yang menghasilkan rasa sedikit asam namun segar.

 

Kudus

Apabila di Jepara ada opor panggang, maka di Kota Kudus memiliki kuliner opor bakar dan tidak kalah nikmatnya. Soto Kudus juga cukup terkenal dan dicari wisatawan ketika berwisata. Soto ini bercita rasa gurih manis dengan bahan utama daging kerbau. Namun ada pula yang menggantinya dengan bahan utama daging ayam. Berwisata ke Jepara, coba juga Ayam Gongso, kuliner khas Kudus dengan bumbu kecap dan cabai. Daging ayam yang dihidangkan tertutup hitamnya kecap. Warna hitam yang eksotis akan menggoda selera. Sajian Ayam Gongso biasa pula dihidangkan bersama nasi goreng.

 

Makanan khas Jawa Tengah lainnya dari Kota Kretek ini yaitu Nasi Pindang. Sajian ini merupakan nasi yang ditemani irisan daging kerbau, daun melinjo dan diguyur dengan kuah santan. Nasi Pindang memiliki kemiripan dengan sajian Rawon tetapi kuahnya dicampur santan. Kudus juga terkenal dengan camilan jenang yang biasa dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

 

Pati

Lain lagi dengan makanan khas Jawa Tengah dari Kota Pati yang populer dengan kuliner khasnya yaitu Nasi Gandul. Makanan dengan kuah santan ini biasanya disajikan menggunakan daun pisang sehingga memunculkan aroma khas. Sebagai pendamping Nasi Gandul biasanya adalah ampela, daging, ampela dan tempe. Kota Pati juga punya Telur Lurik yang khas. Telur lurik dimasak dengan cara diasapi sampai cangkang telur berubah warna menjadi kecoklatan.

 

Demak

Nasi Ndoreng merupakan salah satu kuliner khas Kota Demak. Nasi Ndoreng adalah nasi campur Demak yang lauknya berisi urap dan pelas (botok). Bakso Balungan juga salah satu kuliner khas Kota Demak. Bakso ini ditambahkan balungan saat menyajikannya. Balungan adalah tulang dalam bahasa Jawa.

 

Semarang

Berwisata ke Semarang jangan lewatkan untuk menikmati tahu gimbal. Kuliner ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol yang masih mentah, taoge, telur, lontong dan gimbal yaitu udang goreng tepung. Semua bahan dicampur bumbu kacang dan petis udang. Kuliner populer khas selanjutnya adalah Bandeng Presto. Ikan bandeng merupakan bahan utama kuliner ini, lalu dimasak dengan panci tekanan tinggi agar tulang-tulang ikan menjadi lunak bahkan bisa dimakan.

 

Bandeng presto biasanya dikemas menggunakan kemasan yang kedap udara agar awet beberapa minggu bila disimpan dalam lemari es. Makanan khas Jawa Tengah dari Kota Semarang ini sering kali menjadi salah satu pilihan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang dari luar kota.

 

Pekalongan

Makanan khas Jawa Tengah dari Kota Batik ini yaitu Tauto. Kuliner yang satu ini merupakan soto berbumbu taoco. Bahan utamanya bisa menggunakan daging sapi, kerbau atau ayam. Selain itu, Tauto berisi mie soun serta potongan usus atau pun kulit ayam goreng. Variasi kuliner lainnya bisa ditemukan ialah bubur lodeh. Sajian ini biasa ditemukan saat jam sarapan. Sedangkan kuliner Sego Megono dapat ditemukan saat jam makan malam. Pilihan lauk Sego Megono antara lain ayam bakar, ikan pindang, cumi hitam, atau pun ayam goreng