Tips Siapkan Dana DP Beli Rumah

Tips Siapkan Dana DP Beli Rumah

Tips siapkan dana DP beli rumah sangat anda butuhkan bahkan menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui terutama bagi anda yang kini tengah merencanakan untuk membeli rumah. Membeli rumah memang bukan perkara yang enteng, karenanya perlu ditimbang dan difikirkan matang-matang agar hasil yang diharapkan sesuai dengan keinginan dan tepat sasaran.

 

Pastinya anda telah mencari informasi terkait dengan berapa kisaran biaya yang dibutuhkan untuk membeli rumah tersebut. Setelah itu, perkirakan pula jumlah biaya yang dianggarkan untuk membelinya. Hal ini karena tahap selanjutnya yang dilakukan adalah mempersiapkan dana untuk DP pembelian rumah tersebut. Tunggu dulu, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan DP? DP adalah singkatan dari Down Payment yang artinya uang muka. Kegiatan membayar uang muka dilakukan pertama kali terjadi kesepakatan antara anda dengan penjual.

 

DP amat penting karena tentu saja akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan anda di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, berikut tips siapkan dana DP beli rumah yang mudah dipraktikkan sehingga keinginan dan target anda untuk memiliki rumah sendiri akan segera menjadi nyata.

 

Tips Siapkan Dana DP Beli Rumah Pertama: Pertegas Dan Kuatkan Niat

Dalam poin ini anda dapat berupaya untuk merealisasikannya dalam dua sub poin penting yakni:

  1. Tentukan target

Pada umumnya jumlah DP sebuah rumah adalah sebesar 20% dari harga rumah tersebut. Bila contoh harga rumah yang hendak anda beli adalah Rp 700 jutaan maka besarnya DP yang perlu disiapkan adalah sekitar Rp 140 jutaan. Namun, biaya ini belum meliputi biaya lainnya seperti asuransi dan administrasi. Terdapat pula sejumlah pengembang yang memberikan program khusus berupa kelonggaran seperti contoh biaya DP bisa dicicil atau tanda jadinya lebih kecil nilainya. Meskipun demikian, perhatikan dulu ketentuan dan syarat yang berlaku. Jika anda telah menentukan jumlah target yang seharusnya dikumpulkan maka solusi menabung dapat menjadi cara yang lebih mudah.

 

  1. Turunkan pengeluaran saat ini

Anda harus mulai cermat dalam hal pengeluaran. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Mungkin kini anda tinggal mengontrak atau di apartemen dengan sewa yang biayanya cenderung mahal. Nah, jangan ragu untuk bersabar apa adanya pindah di tempat tinggal yang sewanya lebih murah. Selain itu, pangkas pengeluaran yang memang tidak benar-benar penting. Walau kurang nyaman, tetapi tak ada salahnya lebih dulu bersusah-sudah agar dapat menikmati hasilnya nantinya.

 

Tips Siapkan Dana DP Beli Rumah Kedua:  Buat Rekening Terpisah

Agar upaya anda dalam menyiapkan dana DP membeli rumah semakin aman dan lancar, buat rekening terpisah khusus untuk dana ini. Dengan demikian, anda dapat semakin mudah memisahkan antara pengeluaran rutin sehari-hari dan biaya DP rumah. Berdisiplinlah untuk tidak menggunakan uang tersebut untuk urusan lainnya selain untuk persiapam biaya DP beli rumah. Hindarkan diri dari iming-iming yang menyesatkan agar tidak mudah tergoda.

 

Jika anda adalah seorang yang telah memiliki pasangan, maka bekerja samalah dengan pasangan anda. Buat komitmen yang harus ditaati satu sama lain dan berupayalah untuk saling mengingatkan satu sama lain jika ada salah satu yang lalai. Kekompakan anda dengan pasangan adalah kunci kesuksesan anda dalam hal keuangan apalagi masalah keuangan untuk membeli sebuah rumah.

 

Sejumlah tips siapkan dana DP beli rumah diatas sekaligus sebagai panduan mudah untuk menyiapkan dana DP beli rumah. Semoga sukses