Tips Mengemudikan Mobil Manual, Hindari Pantangan Ini!

Tips Mengemudikan Mobil Manual, Hindari Pantangan Ini

Mengemudikan mobil tipe manual sepertinya memberikan rasa kebanggaan tersendiri bagi setiap pengemudinya. Hal ini mengingat mengendarai mobil tips manual konon katanya dianggap memiliki tingkat kesulitan yang besar. Bahkan dibutuhkan keahlian khusus saat mengendarai mobil tersebut. Karena itu, orang yang mahir berkendara sekalipun harus menerapkan sejumlah tips mengemudikan mobil manual.

 

Tips Mengemudikan Mobil Manual

Meski sudah mahir dalam mengendarai mobil jenis tersebut, tentu saja Anda masih harus mengetahui beberapa larangan dalam mengemudikan mobil bertransmisi manual. Berikut adalah tips mengemudikan mobil manual dengan memperhatikan beberapa larangan.

 

Hindari memposisikan kaki di area pedal kopling

Tips pertama ialah menghindari meletakkan kaki di bagian pedal kopling. Menaruh kaki di area pedal kopling sebenarnya dapat memberi tekanan pada area pedal itu sendiri. Meski tekanannya terbilang kecil lantaran tidak adanya perintah dalam menggerakkan mobil, pedal tersebut dapat lebih cepat aus. Mesinnya juga akan menjadi boros bahan bakar. Karena itu, hal ini perlu dihindari saat mengemudikan mobil manual.

 

Hindari Mengandalkan Rem

Tips mengemudikan mobil manual selanjutnya ialah dengan tidak selalu mengandalkan fungsi rem mobil saja apalagi saat mobil akan diberhentikan. Memang, tidak ada larangan untuk mengandalkan rem, akan tetapi sebaiknya pengemudi juga harus dapat mengandalkan engine brake. Lantas, mengapa hal tersebut penting? Tujuannya yaitu hanya satu yaitu agar mengurangi beban yang menimpa rem. Sehingga umur rem tersebut lebih panjang dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

 

Hindari menginjak gas sampai mentok

Perhatikan saat menekan gas pada posisi gear rendah apalagi sampai jarum putaran menyentuh zona merah. Hal ini bisa memperpendek umur mesin itu sendiri bahkan merembet ke transmisi mobil. Tips mengemudikan mobil manual ini penting untuk dilakukan terlebih apabila Anda ingin meningkatkan kecepatan, ada baiknya untuk mengganti posisi gigi secara bergantian bukan malah memainkan gas sampai mentok.

 

Hindari menggunakan transmisi asal-asalan

Tips mengemudikan mobil manual selanjutnya ialah dengan tidak menggunakan transmisi untuk menaikkan kecepatan mobil. Hal tersebut jelas bahwa penggunaan transmisi dilakukan secara asal-asalan. Selain itu, hal ini termasuk berbahaya. Pasalnya mengebut dengan menggunakan gigi asal-asalan akan meningkatkan penggunaan bahan bakar. Bila sudah begini, pastinya mobil akan menjadi semakin boros dari biasanya. Lantas bagaimana yang aman? Sebaiknya, gunakan gigi untuk keperluan yang pas terutama pada saat meningkatkan kecepatan. Hal ini agar nantinya getaran mesin menjadi tetap halus.

 

Mengerem sambil menekan kopling

Tips mengemudikan mobil manual kelima ialah memperhatikan penggunaan kopling dan rem. Mengerem sambil menekan kopling sebaiknya tidak perlu dilakukan. Hal tersebut karena tidak sesuai dengan peran kopling itu sendiri. Fungsi kopling pada dasarnya bukan untuk pengereman melainkan untuk membantu pemutusan koneksi transmisi dengan mesin. Apabila tersebut sering dilakukan, dikhawatirkan kinerja rem nantinya akan semakin lebih berat karena engine brake tidak ada

 

Hindari perpindahan transmisi sembarangan

Tips mengemudikan mobil manual masih berhubungan dengan etika pengemudi saat berada di dalam kendaraan tersebut. Sebaiknya Anda menghindari perpindahan transmisi tanpa melibatkan penekanan pada pedal kopling. Biasanya cara memindahkan transmisi dengan sembarangan ini dilakukan oleh pemula. Saat hendak memindahkan transmisi, disarankan agar Anda menekan pedal kopling lebih dahulu. Tujuannya ialah agar gear mobil berumur panjang dan tahan lama.

 

Itulah beberapa tips dalam mengendarai mobil tipe manual. Mengendarai kendaraan tipe mobil apapun sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan diri sendiri dan pengemudi lainnya yang berada di jalanan