Suka Olahraga Malam, Hati-Hati Tetap Ada Efeknya!

Suka Olahraga Malam, Hati-Hati Tetap Ada Efeknya

Kesibukan yang padat kerapkali membuat banyak orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi maupun siang hari. Sehingga banyak yang pada akhirnya memilih untuk melakukan olahraga di malam hari. Namun, sebaiknya Anda yang sudah lama suka berolahraga harus waspada. Ternyata efek olahraga di malam hari besar bahkan meski menyehatkan namun efeknya bisa merugikan. Terlebih bila dilakukan pada saat larut malam. Hal tersebut mengingat, malam hari adalah waktunya jam biologis untuk bekerja.

 

Beragam Efek Olahraga Di Malam Hari

Apabila olahraga dilakukan terlalu malam, maka jam biologis tubuh nantinya cenderung mengingatkan kita untuk tidur. Jika memaksa melakukan olahraga di malam hari, perubahan jadwal tersebut dapat mengecoh biologis dimana perannya adalah mengatur fungsional tubuh. Akibatnya, tubuh akan menjadi mudah sakit dan cepat lelah.

 

Lantas, apa saja efek olahraga di malam hari terutama dari segi kesehatan tubuh?

 

Daya tahan tubuh menurun

Olahraga yang dilkakukan pada malam hari dapat membuat daya tahan pada tubuh menurun. Hal ini mengingat tubuh cenderung kehilangan energi lebih banyak tanpa ada jeda waktu yang cukup untuk beristirahat. Apalagi, olahraga tersebut dilakukan setelah tubuh lelah karena aktifitas yang dilakukan selama seharian.

 

Efek olahraga di malam hari akan semakin besar apabila intensitas olahraga yang dilakukan tergolong berat dan membutuhkan tenaga banyak. Misalnya saja berenang dan angkat beban. Daya tahan pada tubuh yang lemah nantinya membuat tubuh lebih rentan terkena banyak penyakit misalnya saja demam dan flu.

 

Mudah sesak napas

Efek olahraga di malam hari secara berlebihan kedua ialah tubuh akan mengalami fase mudah sesak napas. Udara di malam hari identik dengan oksigen yang lebih kecil bila dibandingkan pada saat pagi hingga sore hari. Melakukan olahraga pada saat kadar oksigen menipis dan minim, akan membuat kita mudah lelah bahkan sering merasa capek.

 

Hal ini pasalnya, kegiatan tersebut membutuhkan oksigen yang lebih banyak sehingga pernapasan serta aliran darah menuju jantung menjadi tidak terganggu. Bila sudah begini, minimnya oksigen pada saat kita melakukan olahraga di malam hari akan menyebabkan sesak napas jangka panjang.

 

Susah untuk tidur

Efek olahraga di malam hari ketiga yaitu membuat tubuh susah tidur. Melakukan olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur dikhawatirkan akan membuat tubuh menjadi sulit tidur. Sebenarnya, hal tersebut dapat diatasi asalkan kita tidak memaksakan diri untuk melakukan olahraga jenis berat. Sebaiknya, jadikan aktifitas olahraga di malam hari menjadi hal yang ringan dan menyenangkan. Sehingga efek-efek buruknya bisa ditekan bahkan bisa dihindari.

 

Tips Berolahraga Di Malam Hari

Jadi apakah olahraga malam harus kita hindari atau adakah larangan melakukan hal tersebut mengingat efek olahraga di malam hari sangat besar? Sebenarnya olahraga di malam hari tidak dilarang, namun ada baiknya kita melakukan olahraga dengan melambatkan ritme serta mengurangi intesitasnya dalam satu minggu.

 

Olahraga yang dilakukan di malam hari dengan mempertimbangkan kecepatan serta daya yang lambat akan menjadikan tubuh lebih mudah mengatur detak jantung hingga pernapasan. Bahkan bila dilakukan dengan cara yang tepat dan benar, kadar hormon menjadi normal. Selain itu, saat melakukan olahraga di malam hari sebaiknya jangan lupakan pemanasan di awal.

 

Lakukan pula pendinginan di akhir olahraga. Pemanasan sangat bermanfaat agar mengendurkan otot, membantu persiapan tubuh untuk tidur dengan nyenyak dan memperbaiki aliran darah. Dengan mempertimbangkan hal tersebut bandingkan hasil antara olahraga malam yang benar dan yang sembarangan. Tentu hasilnya akan lebih baik dan efek olahraga di malam hari yang buruk bisa dicegah