Sejarah Dan Perbandingan Suzuki Ertiga lama vs Baru

Sejarah Dan Perbandingan Suzuki Ertiga Lama vs Baru

Siapa saat ini yang tidak tahu brand Suzuki, Brand asal Jepang ini memang terkenal dengan penghasil  merk otomotif yang bandel. Nama Suzuki diambil dari pendirinya yaitu Michio Suzuki yang lahir 1887 tahun lalu. Siapa yang menyangka brand otomotif asal Jepang ini dulunya adalah pabrik penghasil alat tenun tradisional yang didirikan pada tahun 1909.

 

Singkat cerita pada tahun 1938 prototype pertama mulai dibuat oleh Suzuki, dan inilah cikal bakal berkembangnya Suzuki menjadi brand otomotif mobil khususnya hingga sekarang.  Perusahaan Suzuki yang berfokus dibidang otomotif bernama “Loom Manufacturing Company”. Pada sejarahnya Suzuki membuat desain sepeda motor pertamanya yang  diberi nama “ The Power Free” yang juga sukses diluncurkan.

 

Dan berkelanjutan setelahnya produk-produk Suzuki rutin bermunculan, sebut saja “Diamond free” dan “Mini free” dan pada tahun 1953 bisa di bilang sebagai titik balik perusahaan Suzuki. Karena di tahun itu Suzuki mampu memproduksi 6000 unit motor dalam satu bulan. Akhirnya Michio Suzuki mengubah nama perusahaanya menjadi Suzuki Motor Co. Ltd di tahun 1954.

 

Ditahun 1971 Suzuki mulai gencar memproduksi mobil dengan tipe GS 1000 yang di lepas sampai  pasar Internasional, GS 1000 Ternyata mampu merebut hati para pecinta otomotif saat itu, kunci sukses dari GS 1000 karena mobil ini memiliki body yang terkesan kokoh dibanding dengan mobil masa itu. Pada akhirnya Suzuki menjadi pabrikan besar mobil dan motor, bahkan pemasarannya hampir diseluruh dunia.

 

Suzuki Indonesia merilis penerus mobil seri Ertiga

Pada pameran Indonesia Internasional Motor Show, Suzuki Indonesia meluncurkan mobil seri New Ertiga pada kamis 19 April 2018.  Seri Ertiga ini memasuki seri ke 2, akan tetapi Suzuki sudah sangat terlihat melakukan upgrade di banyak sisi dari seri Ertiga yang lama.

 

Mulai dari interior, eksterior dan mesin juga tidak ketinggalan kebagian upgrade di seri New Ertiga  ini. Dilihat dari luar, sudah terlihat perbedaan mencolok, di seri ke dua ini seperti ada grille, serta lampu juga memiliki desain yang baru. Saat Kita mulai masuk didalam kabin, Kita akan menemukan layar Kecil untuk sekedar hiburan dibagian dasbor tengah. Di seri New Ertiga juga terdapat colokan charger handphone dibagian depan dan ditengah ada colokan konsole .

 

Pada peluncuranya, pihak Suzuki Indonesia juga menjelaskan secara detail perubahan ukuran pada New Ertiga ini. Seri baru ini memiliki dimensi yang lebih besar dibanding Ertiga terdahulu, untuk ukuran detailnya Ertiga terbaru ini 110 mm lebih panjang ketimbang seri lama dan 40 mm untuk lebarnya.

 

Sedangkan untuk poros roda memiliki jarak yang masih sama yaitu 2.740 milimeter, sedangkan untuk jarak terendah di seri terbaru ini berukuran sekitar 5 milimeter. Dibagian mesin juga mengalami upgrade yang lumayan membuat pecinta Ertiga bungah. Seri New Ertiga ini menggunakan mesin k15B yang memiliki kapasitas 1.462 CC, ini mengalami peningkatan dibanding seri dulu yang menggunakan mesin k14B dengan kapasitas 1.373 CC.

 

Tidak salah jika seri terbaru ini diunggulkan pada performa  jika dibandingkan dengan seri terdahulu, karena mesin K15B dapat menghasilkan horse power sebesar 104,7 dengan torsi 138 NM, sedangkan di seri lama menggunakan mesin K14B hanya sanggup menghasilkan horse power 95 dengan torsi 130 NM saja. Itulah sedikit pembahan tentang sejarah dan perbandingan Suzuki Ertiga lama vs New Ertiga