Sambal Ganja, Sambal Bercitarasa Pedas Ala Serambi Mekkah yang Lezatnya Kebangetan

Sambal Ganja, Sambal Bercitarasa Pedas Ala Serambi Mekkah yang Lezatnya Kebangetan

Sambal bercitarasa pedas menjadi salah satu pelengkap istimewa yang hampir wajib ada di meja makan. Ya, masyarakat Indonesia memang selalu identik dengan kehadiran sambal bercitarasa pedas di meja makan untuk melengkapi menu makan siang ataupun makan malam mereka. Bahkan bagi penggemar sambal, sepertinya suasana makan akan terasa kurang pas bila tanpa menu bercitarasa pedas yang satu ini. Bagaimana dengan anda? Tentu sebagian besar dari Anda pun setuju dengan ide itu ya!

 

Nah, sebagai wilayah negara yang begitu luas dengan kekayaan kuliner yang mengagumkan, Indonesia juga memiliki beragam jenis sambal bercitarasa pedas khas nusantara. Satu diantara jenis sambal yang unik dan bisa diracik dengan mudah adalah sambal Ganja khas Aceh. Eits! Jangan salah tafsir dulu ya, sambal ganja khas Serambi Mekkah ini bukan terbuat dari daun ganja lho! Akan tetapi karena hampir membuat banyak orang ketagihan, itulah sebabnya disebut dengan sambal ganja. Ingin tahu seperti apa uniknya sambal ganja tersebut? Yuk simak info selengkapnya berikut ini!

 

Nama Asli Sambal Ganja

Kelezatan yang tiada tara disematkan pada jenis sambal bercitarasa pedas asal wilayah Aceh ini. Nama sambal “ganja” pun dipilih karena efek alami sambal yang bisa membuat siapapun yang mencicipinya jadi ketagihan. Sebenarnya, nama asli dari sambal ganja khas Aceh ini adalah Asam Edeung, Asam berasal dari istilah masyarakat Aceh untuk menyebut sambal bercitarasa pedas. Sambal mentah yang dikenal dengan Asam Udeung ini seringkali dinikmati setiap makan siang sebagai teman nasi putih dan lauknya.

 

Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sambal Ganja

Untuk membuat satu porsi sambal ganja atau Asam Udeung ini bahan utama yang dibutuhkan adalah udang segar. Ya, udang merupakan bahan alami yang menjadikan citarasa sambal menjadi lebih gurih dan nikmat. Bisa dibilang, keistimewaan sambal ganja ini adalah dari aroma udang segar yang ada di dalam racikannya. Lalu, apa saja bahan yang dibutuhkan untuk meracik Asam Udeung? Simak ulasannya!

 

Siapkan Bahan-bahannya

  1. Sediakan 1 ons atau sekitar 10 ekor udang segar berukuran sedang. Buang kepala udang dan kulitnya, sisakan daging udang kemudian cuci bersih.
  2. Goreng udang hingga matang, sisihkan.
  3. Sediakan 5 butir bawang merah, kupas dan cuci bersih
  4. 3 Buah belimbing wuluh, cuci bersih kemudian iris sesuai selera.
  5. Siapkan 5 buah cabe rawit atau sesuai selera, iris tipis.
  6. Sediakan 2 batang serai, bagian putihnya iris tipis.
  7. Sediakan 2 lembar daun jeruk, iris tipis.
  8. Gula, garam, minyak goreng secukupnya.

Bahan-bahan tersebut disiapkan terlebih dulu untuk kemudian diolah menjadi sambal bercitarasa pedas mentah khas Aceh. Cara membuatnya juga tidak sulit ketika Anda sudah mempersiapkan bahan yang diperlukan sebelumnya. Nah, berikut langkah mengolah sambal ganja tersebut, yuk simak!

 

Cara Membuat Asam Udeung

  1. Panaskan minyak goreng dengan api kecil.
  2. Sementara minyak goreng dipanaskan, siapkan cobek untuk menghaluskan sambal.
  3. Taruh bawang merah, cabe, belimbing, garam, dan gula, uleg kasar bahan tersebut.
  4. Tambahkan udang yang sudah digoreng, tumbuk sedikit halus.
  5. Tambahkan serai dan irisan daun jeruk, uleg kasar. Setelah agak halus tuang minyak goreng panas ke atas sambal dan aduk rata.

Nah, sambal ganja alias Asam Udeung yang lezat siap untuk dinikmati bersama nasi dan lauk pauknya. Selamat mencoba!

 

Kepopuleran sambal ganja khas Aceh ini sebenarnya sudah sejak zaman dulu. Oleh masyarakat Aceh, resep ini memang diturunkan secara terus-menerus agar generasi saat ini tidak melupakan kekayaan kuliner nenek moyang Aceh di masa lalu. Tidak hanya itu, Asam Udeung alias sambal ganja ini juga mulai bisa dijumpai di beberapa restoran khas Aceh yang memang ingin mewarisi kuliner nikmat nusantara.

 

Demikian artikel informatif tentang kelezatan sambal bercitarasa pedas Asam Udeung ala Aceh yang bisa disampaikan