Empat BUMN Kembangkan Desa Wisata Setanggor

Pengembangan Desa Wisata Setanggor Lombok Oleh BUMN

Wisata Setanggor Lombok merupakan tempat wisata yang sangat indah. Empat perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau disingkat dengan BUMN akan kembangkan Desa Wisata Setanggor Lombok. Acara tersebut dibuat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun bersama Kementerian BUMN pada bulan Maret dan April 2018 . Dimana acara tersebut akan dilaksanakan dengan serentak dan membuat sejumlah kegiatan sosial yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat pada 18 dan 19 Apri 2018.

 

Tujuan dibuatkan kegiatan ini adalah untuk berbagi dengan masyarakat sekitar wisata Setanggor Lombok dengan membuat berbagai macam kegiatan sosial serta dalam meningkatkan kebanggaan dan sinergi antar anggota BUMN.

 

Untuk koordinator dalam pelaksanaan HUT BUMN ini yaitu PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) di area Bali dan Nusa Tenggara. Dengan bersama PT. PAL Indonesia (Persero), PT. Nindya Karya (Persero), dan PT. Istaka Karya (Persero). Dalam acara tersebut melibatkan sekitar 230 orang termasuk melibatkan masyarakat Setanggor dalam rangkaian kegiatan mulai dari perbaikan dan pembuatan saluran air, penebaran bibit ikan nila dan pembersihan sungai.

 

Seperti kata direktur utama PT ASDP Indonesia Ferry yaitu Ira Puspadewi bahwa kegiatan tersebut akan dijalankan dengan serentak dan melibatkan masyarakat Setanggor sebagai bentuk nyata dalam program BUMN yang hadir untuk negeri. Dalam acara HUT ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam melakukan kegiatan sinergi untuk mengembangkan dan membangun kawasan wisata Setanggor Lombok, dengan begitu akan dapat dikenal lebih luas bagi wisata dalam dan luar negeri.

 

Dikesempatan yang sama, Sigit Winarto selaku direktur Utama PT Istaka Karya (Persero) juga berkata bahwa secara prinsip sinergi yang telah dilakukan dari keempat BUMN ini akan berakibat langsung kepada masyarakat yang luas diseluruh wilayah Lombok. Karena dengan adanya program Padat Karya Tunai dan bersih pantai Mandalika ini adalah sebuah program dari masyarakat dan untuk masyarakat yang nantinya akan meningkatkan pendapatan, daya beli dan konsumsi untuk masyarakat sekitar.

 

Selain itu PT. Nindya Karya juga sangat antusias dalam mendukung kegiatan tersebut, serta turut terlibat dalam penyelenggara, dengan kementerian BUMN, PT. Istaka Karya, PT. ASDp Indonesia Ferry (Persero), dan PT. PAL Indonesia (Persero).

 

Teuku Muhyil Regina selaku direktur Keuangan dan SDM PT Nindiya Karya (Persero) juga berkata bahwa dengan bergabungnya PT. Nindya Karya (Persero) pada kegiatan tersebut adalah sebuah langkah yang kongkrit dalam kepedulian perusahaan, dimana perusahaan ini telah bergerak di bidang jasa kontruksi pada lingkungan sekitar serta akan bermanfaat untuk masyarakat.

 

Wisata Sentanggor Lombok yang terkenal di Indonesia

Perlu Anda ketahui bahwa Setanggor adalah salah satuĀ  tempat wisata yang sangat terkenal di Indonesia. Wisata Setanggor Lombok berada di Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Jarak tempuh dari Bandar Udara Internasional Lombok hanya berjarak sekitar 5 km.

 

Dengan begitu wisata Setanggor Lombok ini saat ini tengah diminati oleh para wisatawan lokal maupun luar negeri. Karena tempat wisata Setanggor Lombok ini menyuguhkan ragam potensi kearifan yang alami pedesaan serta menyuguhkan dengan keindahan alam yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

 

Wisata Setanggor Lombok ini memiliki 14 spot wisata yang dapat dinikmati, yakni wisata Gong Keramat yang usianya 200 tahun lebih, wisata seni budaya, wisata peternakan, wisata tenun, wisata religi, wisata agro, cassava Garden dan English Fun.

 

Dalam acara HUT BUMNĀ  ini tidak hanya melakukan kegiatan Padat Karya Desa Setanggor, namun juga akan melakukan kegiatan Bersih-bersih pantai. Kegiatan tersebut juga sebuah sinergi dari empat BUMN yang sangat peduli dengan kebersihan pada lingkungan tempat wisata Setanggor Lombok. Dalam kegiatan bersih-bersih pantai ini karyawan dari keempat anggota BUMN tersebut dengan bersama akan membersihkan gang-gang atau rumput laut yang ada dipinggir pantai dan juga membersihkan sampah disekitarnya