Mesin 5 Silinder di Gendongang Lima Mobil Jadul, Kini Terlupakan

Mesin 5 Silinder di Gendongang Lima Mobil Jadul, Kini Terlupakan

Mobil dengan mesin 5 silinder – Seiring berjalannya waktu membuat teknologi semakin canggih, produsen mobil terus berlomba dalam membuat mobil. Setiap mobil dilengkapi dengan fitur-fitur canggih sebagai penunjang.

 

Pada bagian mesinpun mengalami dampaknya. Sekarang mobil menggunakan mesin dengan delapan silinder, enam silinder dan empat silinder merupakan hal biasa. Tetapi untuk mobil dengan mesin 5 silinder sangat sulit dijumpai.

 

AutoGuide melansir, produsen mobil asal Jerman telah memperkenalkan mobil dengan mesin 5 silinder pertama sebagai generasi ke-2 dari Audi yang sudah keluar 40 tahun lalu. Mereka tidak seperti produsen lain membuat mobil tradisional dengan delapan, enam, dan empat silinder. Produsen ini terus membuat mobil-mobil menggunakan 5 silinder sebagai tenaganya. Sabtu (14/4/2018).

 

Sejak tahun 2010, Mesin TFSI lima silinder 2,5L dinobatkan sebagai mesin Engine of the Year. Produk ini mendapat penghargaan sebanyak 7 kali berturut-turut, dimana All New TT RS terus mengendong mesin 5 silinder.

 

Mobil dengan Mesin 5 Silinder yang Terlupakan

Audi bukanlah satu-satunya produsen pembuat mobil dengan 5 silinder, masih ada lima mobil jadul yang kini telah terlupakan termakan oleh zaman. Berikut lima mobil jadul (jaman dulu) tersebut:

  1. Ford Focus RS
    Ford terus berinovasi terus mengelaurkan mobil keluaran baru, sehingga Ford Focus RS sebagai model jadul hampir terlupakan, dimana sebagi mobil dengan mesin 5 silinder. Mesinnya sama dengan yang digunakan oleh Audi yaitu 2.5 L. Mesin ini juga digunakan Ford untuk model lain dan dipasarkan ke Eropa.
    Sekarang Ford Focus RS telah hadir dengan tampilan barunya, membuat generasi pendahulunya menjadi dilupakan. Meskipun masih ke dalam golongan mobil bermesin 5 silinder, tetapi tenaganya jauh lebih besar dibandingkan dengan seniornya dan mesin tersebut tidak pernah diproduksi di Amerika.
  2. Volvo 850R
    Volvo juga memiliki mobil dengan mesin 5 silinder seperti Audi, mereka menggunakan Volvo 850 R untuk menggendongnya. Walaupun sebagai model tertinggi dari Volvo, varian ini hanya di produksi dari tahun 1996 – 1997. Sebagai mobil dilengkapi dengan turbocharger 2.3 L dengan 5 mesin silinder.
    Selain itu, Volvo 850 R di bagi menjadi 2 varian yakni wagon dan sedan. Berdasarkan akumulasi dari keduanya tercatat terjual sebanyak 5.000 – 7.000 unit. Dimana Volvo 850 R sebagai ganti dari pendahulunya Volvo V70 R dan Volvo S60.
  3. Land Rover Defender
    Pada tahun 1998, Land Rover Defender menjadi sangat terkenal sebagai mobil dengan mesin diesel 5 siliner Td5. Selain memiliki 5 silinder, Rover juga di fasilitasi dengan turbocharger sebagai evolusi dari pendahulunya yang menggunakan TDI. Hal ini bertujuan untuk memenuhi standard emisi kala itu sampai tahun 2007.
  4. Mercedes-Benz W 123
    Mercedes-Benz W123 menjadi mesin paling canggih dimasanya dengan lima silinder W123. Oleh karena itu Mercedes menjadi produk populer di Amerika tahun 80-an. Nah, tahun 1976 hadirlah mobil W123 4 pintu, dengan disel 3.0 liter.
  5. Acura Vigor
    Honda di kenal dengan mobil empat silinder, tetapi mereka sempat mengeluarkan mobil 5 silinder berkapasitas 2.5 liter yakni Acura Vigor. Meskipun tidak banyak orang tahu, Acura merupakan mobil mewah asal Jepang sebelum muncul Accord.

Itulah lima daftar mobil dengan 5 silinder yang hampir terlupakan, dimana menjadi mobil-mobil mewah dimasanya. Semoga bisa menjadi referensi anda saat ingin membeli mobil, terutama untuk mobil bekas