Kuliner

Mengulik Menu Makan Malam KTT Korea Utara Dan Korea Selatan

Semenanjung Korea terkenal dengan hidangan mie dingin khas Pyongyang. Mie dingin ini sudah lama dikenal dan menjadi menu jamuan untuk makan malam setelah acara KTT Korea Utara dan Korea Selatan. Berkaitan dengan hal tersebut, Korea Utara rupanya telah mengirim koki paling baik ke bagian perbatasan. Tak hanya itu, mesin pembuat mie dingin tersebut juga dikirim. Tak hanya mie dingin, ada deretan menu makan malam KTT antar Korea.

 

Daftar Menu Makan Malam KTT antar Korea

Sebelum acara KTT Korea Utara dan Korea Selatan, pihak Korea Selatan rupanya juga telah mengumumkan deretan menu yang akan dihindangkan pasca acara KTT Korea Utara-Selatan. Para tamu yang bertemu dalam acar tersebut dimanjakan deretan menu khas dari kedua negara. Berikut adalah deretan menu makan malam KTT antar Korea.

 

Menu mie dingin Pyongyang

Menu mie dingin adalah salah satu hidangan yang paling dicintai oleh orang Korea. Namun, hidangan ini disempurnakan oleh pihak Korea Utara. Dalam acara KTT kemarin, pihak Korea Utara berkenan membawa koki khusus daari Okryugwan yang merupakan restoran populer di Korea Utara. Koki tersebut ditugasi untuk menyiapkan mie dingin dengan memanfaatkan mesin pembuata mie.

 

Gurita

Menu makan malam KTT antar Korea lalu juga melibatkan menu gurita. Salad gurita yang dingin juga menjadi menu andalan dalam acara tersebut. Gurita sendiri adalah hidangan yang berasal dari wilayah kota yang ada di tepi pantai Tongyeong atau rumah milik musisi klasik serta komposer muda bernama Yoon Yi-sang. Yoon sendiri adalah aktivis terkemuka di waktu periode kediktatoran Korsel.

 

Rosti kentang

Menu makan malam KTT antar Korea selanjutnya ialah rosti kentang. Menu makanan ini sebenarnya makanan tradisional khas Swiss namun bergaya Korea. Rosti kentang alam Korea tersebut rupanya menggambarkan masa-masa muda Kim Jong Un saat belajar di Swiss.

 

Pangsit Pyeonsu

Dalam KTT Korea Selatan dan Korea Utara tersebut juga ada menu pangsit. Menu ini disebut sebagai Pyenonsu. Menu Pyeonsu juga identik dengan teripang dan croaker. Menariknya, koki dalam acara tersebut mencari isian pangsit di Gageodo yang merupakan kampung lama Presiden Kim Dae-Jung.

 

Dalgogi Busan

Tak hanya menu dari Korea Utara, salah satu menu dalam daftar menu makan malam KTT antar Korea dalgogi juga dihadirkan. Menu yang satu ini paling terkenal di Busan, Korsel. Busan sendiri adalah kota yang letaknya berada di bagian selatan. Kota ini adalah tempat Moon Jae-in menghabiskan waktu kecilnya.

 

Daging sapi

Daging sapi yang dipanggang juga menjadi bagian dari menu makan malam KTT antar Korea. Daging sapi yang dipilih berasal dari peternakan yang berada di Seosan, Provinsi Chungnam barat, Korsel. Peternakan tersebut sudah lama dikenal sebagai tempat pendiri salah satu perusahaan di Korea Selatan.

 

Bibimbap

Menu makan malam KTT Korea Utara dan Korea Selatan selanjutnya ialah Bibimbap. Menu ini adalah hidangan ala Korea yang di dalamnya terdiri dari sayuran, nasi serta telur. Beragam isian tersebut disajikan di dalam satu mangkuk. Nasi dipilih dari desa Bongha. Sementara sayuran yang dipilih berasal dari kawasan demiliterasi.

 

Ikan lele

Selanjutnya masih ada ikan lele serta kakap merah yang dikukus. Ikan lele sendiri sebenarnya adalah menu umum yang disajikan selama pesta berlangsung di penjuru Semenanjung Korea. Konon, menu tersebut disajikan karena melambangkan kemiripan Korea Selatan dan Korea Utara. Sementara ikan kakap merupakan ikan jenis air tawar yang bisa ditemukan di kedua negara.

 

Puding

Puding yang terbuat dari bahan dasar mangga juga masuk ke dalam daftar menu makan malam KTT antar Korea. Buah mangga rupanya adalah buah iklim tropis. Konon Pemerintah Korsel menyebut buah ini juga dihadirkan karena identik dengan simbol energi pada musim semi.

 

Kue beras

Kue beras dan minum teh rupanya menjadi menu pilihan penutup makan malam. Teh tersebut merupakan teh jamur pinus. Teh tersebut asalnya dari Pegunungan yang ada ujung utara Korut. Sementara kuenya berasal dari pulau Jeju yang terkenal di Korea Selatan.

Setiap menu di atas memiliki makna tersendiri sehingga dipilih sebagai menu makan malam spesial KTT Korea Utara dan Korea Selatan. Lumayan banyak bukan jumlahnya