Menginjakan Kaki di Papua Barat Jangan Lewatkan Pesona Piaynemo Raja Ampat yang Luar Biasa

Menginjakan Kaki di Papua Barat? Jangan Lewatkan Pesona Piaynemo Raja Ampat yang Luar Biasa

Piaynemo adalah salah satu spot obyek wisata ikonik di kawasan Raja Ampat. Piaynemo terawat dengan baik dan inilah salah satu bukti bahwa sektor pariwisata di sekitar Raja Ampat terus berbenah. Bentuk kepulauan di Piaynemo Raja Ampat seperti terputus 3 apabila dari jauh. Ujung pulaunya menyerupai mata tombak. Itulah mengapa kepulauan ini diberi nama Piaynemo, yang dalam bahasa biak artinya adalah mata tombak.

 

Perjalanan menuju Piaynemo

Piaynemo Raja Ampat tidak kalah indah dengan obyek wisata Puncak Wayag. Piaynemo terletak di Kecamatan Waigeo, Desa Pam, Barat Kepulauan, Raja Ampat. Apabila wisatawan melakukan perjalanan dari Kota Sorong, maka obyek wisata Piaynemo dapat ditempuh dengan jarak perjalanan sekitar 6 jam. Perjalanan yang dilakukan via laut.

 

Waktu tempuh yang dibutuhkan wisatawan untuk mendaki tangga mencapai puncak Piaynemo hanya kira-kira 15 menit saja. Wisatawan yang terpikat dengan keindahan Piaynemo bukan hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun juga banyak yang tergoda untuk melihat pesona Piaynemo.

 

Fasilitas di sekitar Piaynemo

Tidak seperti di Wayag, wisatawan yang ingin menuju Puncak Piaynemo akan dimanjakan dengan keberadaan tangga kayu dan sangat rapi. Fasilitas di obyek wisata Piaynemo sangat memudahkan para wisatawan. Wayag adalah obyek wisata yang masih masuk dalam kawasan Raja Ampat. Di Wayag terdapat pemandangan indah bukit-bukit karst menjulang. Sedangkan Piaynemo disebut-sebut sebagai mirip Wayag namun versi kecilnya.

 

Dermaga apung dengan ukuran cukup lebar akan menyambut boat wisatawan saat tiba di Piaynemo Raja Ampat. Di dermaga itu pula wisatawan dapat menemukan beberapa booth masyarakat sekitar yang berdagang, seperti makanan, cendera mata, dan kelapa muda. Sekitar tahun 2014 kawasan wisata sekitar Raja Ampat khususnya Piaynemo menjadi semakin bagus.

 

Fasilitas berupa toilet sudah tersedia baik dan tidak jauh jaraknya dari gerbang. Bahkan tiap beberapa meter menuju puncak Piaynemo tersedia pula pos istirahat bagi para pengunjung untuk sekedar duduk melepaskan rasa lelah. Para wisatawan dapat dengan santai mendaki hingga ke puncak Piaynemo.

 

Pesona Piaynemo

Gugusan kepulauan karst yang terdapat di Piaynemo menghadirkan pemandangan menawan. Gundukan kecil kepulauan karst dihiasi birunya warna laut akan semakin jelas pesonanya jika dilihat dari puncak Bukit Piaynemo. Sebelumnya para wisatawan mau tak mau harus mendaki kira-kira 320 buah anak tangga agar bisa sampai di puncak Piaynemo Raja Ampat.

 

Sebelum berkunjung ke Piaynemo, sebaiknya ketahui terlebih dulu waktu yang terbaiknya. Pemandu wisata yang biasa menemani wisatawan mengatakan bahwa waktu paling bagus ke Piaynemo yakni saat tengah siang. Mengapa? Karena di waktu siang semua pulau-pulau di sepanjang perjalanan hingga bukit Piaynemo memperoleh sinar matahari. Dengan demikian akan tampak terang dan warna-warna pulau serta karang semakin terlihat indah sekali.

 

Ketika wisatawan telah mendaki hingga puncak Piaynemo, maka lautan yang berwarna toska akan tampak kontras dengan bebatuan karang berwarna putih. Panorama yang akan dilihat wisatawan saat di puncak Piaynemo, sungguh tampak cantik. Warna gradasi lautan ditambah gugusan karang menjadi terlihat jelas di siang hari. Ditambah lagi dengan berlayarnya kapal-kapal semakin menambah eksotisme panorama di Piaynemo Raja Ampat.

 

Berwisata ke Piaynemo sempatkan untuk bermalam di penginapan sekitar obyek wisata. Menikmati kopi ditambah semilir angin sambil mendengar nyanyian gemercik lautan akan menjadi kenikmatan hidup luar biasa menyenangkan. Wisatawan juga akan sering melihat gerombolan burung nuri berterbangan di atas kawasan penginapan. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat burung belibis berwarna putih hitam. Penghobi diving, jangan lewatkan keindahan alam bawah laut Piaynemo Raja Ampat