Malam Minggu Ditemani Sarabba dan Sanggala Dijamin Makin Mantap

Malam Minggu Ditemani Sarabba dan Sanggala Dijamin Makin Mantap

Kuliner khas Gorontalo bisa menjadi teman Anda saat bermalam Minggu di Gorontalo. Banyak anak muda Gorontalo yang menghabiskan waktunya menikmati minuman hangat khas Gorontalo sambil menyantap pisang goreng dan kacang sangrai. Bagi Anda yang penasaran silahkan saja datang ke kompleks Murni yang berada di Jalan Nani Wartabone, Gorontalo. Di kawasan inilah berjajar payung dan kursi dilengkapi meja-meja. Di kawasan kompleks inilah Anda akan menemukan penjual sarabba dan sanggala atau pisang goreng yang ditawarkan di gerobak. Kuliner khas Gorontalo ini memang sangat disukai oleh semua kalangan termasuk anak-anak muda.

 

Mengenal Sarabba dan Sanggala Kuliner Khas Gorontalo

Mengunjungi Gorontalo memang tak lengkap jika Anda tidak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu yang menarik adalah di kawasan kompleks Murni. Kawasan yang ramai dengan penjual aneka kuliner khas Gorontalo ini terdapat deretan warung yang berada di selasar bangunan kuno bekas kantor perdagangan zaman dahulu. Kebanyakan para penjual tersebut menyediakan makanan ringan dan minuman yang sangat cocok sebagai teman nongkrong.

 

Jika Anda ingin mengisi malam Minggu dengan cara yang lebih seru dan asyik, sebaiknya silahkan memesan minuman sarabba. Kuliner khas Gorontalo yang satu ini menyajikan minuman rempah yang sebetulnya mirip dengan wedang jahe. Tetapi adanya tambahan rempah yang lebih banyak menjadikan rasa sarabba ini semakin hangat. Selain itu ada tambahan susu kental manis yang menjadikan rasa sarabba semakin nikmat.

 

Selain bisa menikmati sarabba, di deratan warung tersebut juga terdapat berbagai pisang bakar khas Gorontalo. Terdapat pula penjual kacang sangrai yang dikemas dalam karung-karung plastik. Jika Anda ingin mencicipi goroho, di kawasan ini juga tersedia. Tetapi Anda harus bersabar untuk menunggu kuliner tersebut digoreng.

 

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa sarabba bisa mencicipinya juga tanpa menggunakan susu karena rasa rempahnya akan lebih terasa. Hangatnya sarabba tentu akan membuat malam minggu Anda terasa semakin hangat terlebih sambil ditemani camilan khas Gorontalo. Salah satu teman sarabba yang paling pas adalah pisang goroho. Pisang panas yang masih mengepul tersebut langsung disajikan bersama dengan sambal yang terasa agak manis. Tetapi pisang tersebut justru dimakan dengan kacang sangrai.

 

Perlu Anda ketahui pula bahwa kacang sangrai ini terdiri dari dua jenis yaitu Kasa Tore yang merupakan kacang tanah kulit dijemur lalu disangrai. Rasa kacang ini empuk dan gurih sehingga sangat cocok untuk menemani waktu bersantai. Sedangkan Kasa baminya merupakan kacang tanah yang langsung disangrai. Sehingga teksturnya garing tetapi agak keras dan tetap gurih.

 

Biasanya masyarakat Gorontalo menikmati kacang sangari tersebut bersama dengan pisang segar misalnya pisang gapi manis. Tetapi ada yang unik dengan cara memakan kacang dan pisang tersebut. Sebab kacang sangrai dikupas terlebih dahulu kemudian dikumpulkan dan diselipkan ketika menggigit pisang tersebut. Cara makan pisang dan kacang seperti ini memang belum ada di daerah lain sehingga wajib Anda coba.

 

Dengan keunikan sajian yang ditawarkan dipadu dengan suasana kompleks Murni yang nyaman, tak heran jika banyak anak muda yang menghabiskan malam minggu di tempat ini. Cukup makan pisang, kacang dan sarabba saja rasanya malam minggu Anda terasa semakin panjang. Terlebih jika ditemani teman-teman terdekat atau keluarga.

 

Berdasarkan penjelasan di atas kini Anda jangan sampai lewatkan mencicipi sarabba dan sanggala yang sudah sangat terkenal di Gorontalo. Kuliner khas Gorontalo ini memang cukup sederhana tetapi dijamin akan membuat Anda ketagihan sambil menikmati malam minggu yang indah di Gorontalo.