Kapan Waktu Ganti Oli Ketahui 5 Isyaratnya Berikut Ini

Kapan Waktu Ganti Oli ? Ketahui 5 Isyaratnya Berikut Ini

Tanda-tanda harus segera ganti oli sebetulnya harus diketahui oleh para pemilik kendaraan bermotor. Mengganti oli menjadi salah satu kebutuhan penting agar kendaraan Anda tetap optimal dan prima saat digunakan. Bahkan oli bisa diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia jika kualitas darah tersebut bagus tentu akan membuat kerja organ tubuh semakin bagus. Hal tersebut juga berlaku pada oli mobil , agar kerja bagian mesin dalam mobil tetap lancar dan bagus sebaiknya ketahui tanda-tanda harus segera ganti oli mulai dari sekarang.

 

Tanda-Tanda  Segera Mengganti Oli Mobil

Perlu Anda ketahui bahwa oli pada kendaraan yang sudah lama tidak diganti biasanya akan sangat berpengaruh ada performa sebuah kendaraan. Bahkan jika dibiarkan habis begitu saja lama kelamaan akan berdampak fatal. Lebih parahnya lagi dapat membuat seker terbakar sehingga mobil akan turun mesin. Jika mobil sudah turun mesin akan membuat kualitasnya menurun dan nantinya jika dijual harganya menjadi turun drastis.

Biasanya produsen mobil menyarankan agar penggantian oli dilakukan sesuai dengan jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan tersebut. Untuk mobil keluaran terbaru disarankan untuk mengganti oli jika sudah mencapai 10.000km dan untuk mobil lama ketika sudah mencapai 5.000km. Tetapi ternyata hal tersebut tidak bisa menjadi patokan sepenuhnya untuk segera mengganti oli mobil terlebih jika mobil tersebut jarang dipakai.

Berikut ini akan dijelaskan tanda-tanda harus segera  oli yang perlu Ana ketahui.

  1. Cek Warna Oli
    Tanda-tanda harus segera ganti oli yang pertama adalah ketika warna oli sudah berubah menjadi hitam. Sebagai pemilik kendaraan sebaiknya lakukan pengecekan oli mobil secara rutin sebab jika warnanya sudah hitam berarti oli tersebut sudah waktunya diganti. Pada dasarnya warna oli memang cenderung agak hitam tetapi untuk oli yang sudah kotor warna hitamnya sudah pekat.
  2. Mesin Mobil Terasa Kasar
    Apabila Anda merasakan suara mesin mobil yang kasar dibandingkan biasanya atau terasa tidak mulus, kemungkinan oli mobil Anda sudah waktunya untuk diganti.
  3. Mengecek Kartu Ganti Oli
    Untuk mengetahui tanda-tanda harus segera ganti oli adalah dengan mengecek kartu jadwal pengingat ganti oli. Biasanya kartu tersebut diberikan oleh bengkel tempat Anda mengganti oli sebelumnya. Dengan jadwal yang tertulis pada kartu tersebut bisa Anda jadikan acuan untuk mengganti oli. Pihak bengkel akan merekomendasikan ganti oli setiap 5.000km tetapi ada juga yang harus diganti setelah mencapai jarak 10.000 km.
  4. Peringatan dari Mobil
    Untuk mobil keluaran terbaru biasanya akan dilengkapi tanda peringatan ganti oli yang terletak di dekat stir. Tanda tersebut biasanya akan menyala jika dirasakan tekanan oli pada mesin mobil terlalu rendah. Tanda-tanda harus segera ganti oli dari peringatan mobil sebaiknya jangan dianggap remeh. Sebab jika anda biarkan dapat membuat mobil menjadi mati.
  5. Mengecek Tongkat Pengukur Oli Mesin
    Tanda-tanda harus ganti oli yang berikutnya adalah dengan memastikan mesin dalam keadaan dingin terlebih dahulu. Kemudian bukalah kap mobil lalu gunakan tongkat celup yang terhubung dengan tangki oli. Tongkat inilah yang bisa menjadi penentu jumlah oli yang masih tersedia di dalam tangki. Apabila hasilnya tidak sesuai dengan standar berarti sudah waktunya Anda mengganti oli mobil.

Melalui tanda-tanda harus segera ganti oli  yang telah dijelaskan di atas, kini Anda harus lebih cermat dan rutin melakukan pengecekan oli mobil. Dengan begitu nantinya mobil Anda tidak akan mengalami keterlambatan penggantian oli yang bisa berdampak buruk pada kondisi mobil Anda