Bosan dengan Tempat Wisata yang Mainstream, Coba Aja Datang ke Telaga Ini

Bosan dengan Tempat Wisata yang Mainstream, Coba Aja Datang ke Telaga Ini

Mungkin pesona Telaga Dringo tidak banyak diketahui khalayak karena kalah populer dengan wisata lain di kawasan dataran tinggi Dieng. Salah satu dataran yang dihuni manusia selain Nepal dan Tibet ini memang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Selain wisata alam berupa pemandangan perbukitan dan gunung, dataran tinggi Dieng juga banyak dikunjungi karena memiliki tempat wisata menarik seperti Candi Arjuna, Telaga Warna dan Kawah Sikidang. Lalu, mengapa Telaga Dringo seolah terlupakan?

 

Akses menuju ke Telaga Dringo

Sebenarnya pesona Telaga Dringo bisa dinikmati wisatawan secara maksimal jika pergi ke kawasan wisata Dieng. Namun, akses yang lumayan sulit membuat danau satu ini tidak begitu populer dikalangan para pengunjung. Jika Anda ingin menikmati tempat wisata yang anti mainstream dan jauh dari hiruk pikuk wisatawan lain, sebaiknya datang ke tempat menarik ini. Tentu Anda harus mengajak seorang tour guide atau orang yang mengetahui medan agar tidak mengalami kesulitan selama perjalanan, ya!

 

Medan menuju ke tempat wisata telaga memang cukup sulit, menanjak dan masih berbatu. Akses yang belum terakomodasi dengan baik tersebut kerap menjadi tantangan tersendiri bagi treveler sejati. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan berupa mobil 4×4 atau sepeda motor khusus untuk mencapai tempat alami ini. Kalau Anda tidak keberatan dengan jalan kaki, trekking menyusuri tempat yang masih perawan bakal lebih menarik. Setidaknya Anda bakal melihat pemandangan hijau di kanan kiri jalanan terjal tersebut.

 

Keindahan yang ditawarkan Telaga Dringo

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam tiada tara sehingga banyak sekali potensi wisata yang menawan salah satunya pesona Telaga Dringo di Dieng ini. Jangan kaget jika mencari referensi atau ulasan mengenai tempat ini, Anda bakal disajikan review menarik yang mengatakan bahwa Telaga Dringo mirip Ranu Kumbala. Ya, Ranu Kumbala adalah danau di Gunung Semeru yang menghipnotis mata kaum pendaki. Di sini, Anda bisa menikmati pesona Telaga Dringo yang tak kalah menawan dengan Ranu Kumbala.

 

Memutuskan untuk berkemah di tanah lapang dekat Telaga Dringo bakal menjadi pengalaman yang luar biasa buat Anda. Anda bisa mengajak rekan atau anggota keluarga menikmati pemandangan malam yang disajikan tempat ini. Sembari menatap bintang langit, suasana kehangatan di alam bebas akan lebih menarik. Meskipun saat malam hari, suhu di tempat ini bakal lebih dingin dibandingkan kawasan Dieng yang lain.

 

Tentu Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan sendiri seperti pakaian tebal, makanan, minuman dan kotak obat. Area wisata ini masih belum terkelola dengan baik atau berbeda dengan tempat wisata Dieng yang lain. Jangan lupa untuk memungut sampah yang Anda tinggalkan jika berkemah di sini. Telaga Dringo yang masih perawan dan asri wajib dijaga agar tetap lestari.

 

Pemandangan paling cantik yang ditawarkan tempat ini adalah sunrise atau matahari terbit. Ya, keindahan matahari terbit membuat Anda bakal meyakini pesona Telaga Dringo tiada bandingan. Sebaiknya bergeser ke sisi bukit agar pemandangan sunrise tidak terhalang apa pun. Selain itu, Anda bisa melepas penat dengan memandang Dieng dari tempat yang memiliki ketinggian 2222 mdpl ini. Pastikan membawa kamera untuk mengabadikan keindahan yang dimiliki Ranu Kumbala 2 ini atau berpose selfie.

 

Tak hanya menikmati pesona Telaga Dringo, sebaiknya Anda juga mampir ke lokasi wisata anti mainstream lain yaitu Kawah Candradimuka. Terlepas dari mitos mengenai Gatutkaca, kawah Candradimuka ini memiliki dua mata air yaitu belerang dan air tawar yang manis. Kalau datang ke kawah ini, Anda bisa mencoba melihat atau merasakan keduanya. Nah, agendakan liburan akhir pekan yang menyenangkan dengan menikmati pesona Telaga Dringo yang eksotis bersama orang terkasih Anda.