Beberapa Klub Yang Akan Masuk Zona Degradasi Liga 1 Musim ini

Beberapa Klub Yang Akan Masuk Zona Degradasi Liga 1 Musim ini

Seremonial pembukaan liga 1 Indonesia akan dilangsungkan pada hari Jumat, 23-03-2018 di Senayan Jakarta, lebih tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Ya di stadion inilah dua perang pembuka yang sangat kental dengan aroma balas dendam akan tersaji untuk menandai perang-perang yang lain akan menyusul. Bhayangkara FC sebagai Juara bertahan liga 1 Indonesia diberi kesempatan untuk berlaga pertama kali menghadapi Persija Jakarta sebagai jawara Piala Presiden 2018.l
Pada musim ini, akan banyak drama di lapangan hijau tanah air yang di luar prediksi para pemerhati sepakbola. Hal itu terlihat di laga-laga pramusim, dimana klub-klub semenjana dan klub promosi mampu membuat cerita yang berbeda. Oleh sebab itu, persaingan ketat akan tersaji di musim ini. Bahkan kita tahu bahwa, semua tim-tim yang berlaga di liga 1 musim ini, sebanyak 18 tim, sangat aktif dibursa transfer untuk menyempurnakan skuat yang ada.

Aktifitas massif semua klub itu tentu tidak lain adalah, ingin meminimalisir rasa malu ketika sering ditundukkan oleh lawan. Mereka ingin berbicara lebih banyak, tidak hanya sekedar menjadi tim pelengkap hingga akhir musim nanti pada 12 Desember 2018.

Seperti biasnya, liga 1 Indonesia akan membuang tiga tim terbawah yang dianggap tidak mampu untuk bersaing di level kompetisi paling atas di Indonesia. PSSi selaku operator pertandingan menggelindingkan regulasi ini, setiap tahun akan tim yang terdegradasi untuk memberikan tempat pada tim yang superior di kasta ke dua untuk mengembangkan permainannya di level paling atas. Tiga tim yang akan terlempar ke kasta ke dua adalah klub yang berada di urutan tiga terbawah.

Contohnya adalah tumbal liga 1 musim lalu, Persiba Balikpapan, Semen Padang dan Gresik United, harus rela untuk diasingkan secara regulasi ke kasta ke dua. Tiga tim ini tidak mampu untuk bersaing dengan klub lain dengan poin yang mereka akumulasi di papan klasemen liga 1 Indonsia. Sedangkan musim ini, absolut ada yang terbuang kembali. Lalu klub manakah itu?

Ada beberapa klub secara predictable akan masuk di zona merah atau zona degradasi musim ini. Ini tentu tidak mudah, akan tetapi melihat performa di laga-laga pramusim yang dijalani, ada beberapa klub yang harus siap untuk terlempar.

Yang pertama adalah, klub Perseru. Pertanyaan pertama kenapa harus Perseru? Alasannya adalah, pada musim lalu, klub yang home nya paling jauh ini, harus berjibaku dengan klub terbawah di klasemen untuk terhindar dari zona degradasi, bahkan nyaris Perseru masuk di dalamnya. Untungnya adalah, laga terakhir mereka menyelematkan mereka dari zona merah itu, mereka berhasil poin penuh di laga terakhirnya kala menjamu Persib Bandung dengan skor telak 2-0. Alhasil mereka unggul dari Semen padang secara poin dan masih mendapat garansi untuk tampil di liga 1 musim ini.

Kemudian klub yang ke dua adalah, PSIS Semarang. Klub ini adalah klub promosi yang apabila tidak cepat beradapatasi dengan kerasnya pertandingan liga 1 Indonesia akan berpotensi untuk segera kembali ke kasta dua. PSIS Semarang adalah klub paling inferior dibandingkan dua klub promosi lainnya. Jadi ada kemungkinan untuk klub ini untuk masuk jurang degradasi.

Ke tiga adalah klub kiper legendaris, Choril Huda, Persela Lamongan. Laskar Joko Tingkir hampir saja terperosok musim lalu ke zona merah, mereka hanya mampu finis di urutan ke 14 klasemen liga 1 Indonesia atau tepatnya satu tingkat di atas Perseru. Jadi melihat kondisi ini bukan tidak mungkin untuk Persela terlempar ke divisi 2 liga Indonesia.