Barcelona Cetak Rekor Baru Setelah Menang atas Valencia

Barcelona Cetak Rekor Baru Setelah Menang atas Valencia

Kemenangan 2-1 Barcelona atas Valencia di Camp Nou dalam laga lanjutan La Liga membuat Barcelona mencetak rekor baru dengan 39 laga tak terkalahkan di Liga domestik Spanyol ini. Mulai dari 7 laga di penghujung musim lalu Barca sudah tak terkalahkan dan berlanjut sampai 32 laga musim ini. Dimana rekor sebelumnya di pegang oleh Real Sociedad dengan 38 laga tak terkalahkan pada 1979-1980 di La Liga.

 

Kekalahan terakhir Barcelona di La Liga terjadi setahun yang lalu, saat bertandang ke markas Malaga pada 8 April 2017. Di laga ini Barca takluk dengan skor 2-0, gol dicetak oleh Sandro pada menit ke 32 dan Jony pada menit ke 90.

 

Selain menorehkan rekor, kemenangan atas Valencia ini semakin mendekatkan Barcelona dari tangga juara La Liga. Skuad asuhan Valverde ini telah mengoleksi 82 poin dari 32 laga musim ini, hanya butuh 7 poin untuk mengunci gelar La Liga.

 

Kemenangan ini juga menjadi pengibur dan momen kebangkitan buat Messi dkk, setelah tersingkir dari Liga Champions musim ini, dimana AS Roma secara mengejutkan berhasil membalikan keadaan setelah kalah di Camp nou dengan skor 4-1, namun di Olimpico mampu menang dengan skor 3-0. Walau agregat 4-4 namun Roma unggul produktivitas gol tandang. Menurut Valverde, dirinya lebih senang melihat tim nya berhasil bangkit dari kekalahan di perempat final Liga Champions ini daripada mencatat rekor, menurutnya statistik tidaklah terlalu penting.

 

Pada laga menjamu Valencia ini, Barca mulai memimpin pada menit ke 15 lewat gol yang di cetak oleh Suarez yang memanfaatkan umpan terobos dari Coutinho.Valencia memiliki beberapa peluang emas dan shot ke gawang namun tidak menghasilkan gol. Skor 1-0 bertahan hingga istirahat babak pertama. Pada babak kedua, di menit ke 51 tandukan Umtiti dari hasil sepak pojok Coutinho kembali mengubah skor menjadi 2-0. Valencia berhasil memperkecil ketinggalan lewat penalti Parejo di menit ke 87. Skor 2-1 bertahan hingga wasit meniup peluit akhir.

 

Selain berpeluang meraih gelar juara La Liga, Barca juga masih berpeluang meraih gelar juara Copa del Rey. Barca akan menjalani laga final Copa del Rey melawan Sevilla di Wanda Metropolitano pada 21 April nanti.