6 Kuliner Khas Surabaya Paling Eksis Dan Legendaris

6 Kuliner Khas Surabaya Paling Eksis Dan Legendaris

Kuliner khas Surabaya menjadi hal yang wajib diketahui oleh anda baik anda yang sedang berdomisili di kota pahlawan ini apalagi jika anda adalah seseorang yang hendak mengunjungi kota ini. Memang benar, Surabaya dikenal dengan aneka ragam khas kulinernya sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai surga kulinernya Jawa Timur.

 

Oleh karena Surabaya sekaligus sebagai pusatnya pemerintahan dari provinsi Jatim maka Surabaya memiliki hampir semua kuliner khas dari seluruh daerah yang ada di Jatim. Meski Surabaya telah tersentuh dengan perkembangannya hingga kini baik dalam hal teknologi yang berpengaruh terhadap lingkungan dan budayanya, namun Surabaya masih tetap mewariskan khas kuiner yang sangat kental. Itulah mengapa bagi anda yang akan mengunjunginya wajib mencobanya.

 

Inilah 6 kuliner khas Surabaya yang paling eksis dan legendaris sehingga tak boleh anda lewatkan. Tak hanya nikmat dan lezat, tapi perjalanan anda akan semakin mengesankan dengan mencicipi kuliner khas Surabaya ini.

 

  1. Lontong balap

Kuah segar pada lontong balap yang khas ini membuat lidah semakin bergoyang. Kuahnya itu membuat cita rasanya susah dilupakan. Dalam penyajiannya, lontong disajikan dipotong-potong lalu dicampur dengan limpahan tauge dan tahu.

 

  1. Nasi goreng jancuk

Nasi goreng jancuk adalah kuliner khas Surabaya yang termasuk dalam kategori kuliner khas Surabaya paling eksis dan legendaris karena porsinya lebih banyak dari porsi makanan pada umumnya. Tak hanya itu saja, tingkat kepedasannya juga melebihi batas normal sehingga dianggap sebagai menu kuliner khas Surabaya paling fenomenal.

 

  1. Tahu tek

Sekilas memang tekstur tahu tek khas Surabaya mirip dengan sajian tahu gejrot dari Cirebon. Akan tetapi, yang menjadikannya sedikit berbeda adalah jika tahu tek dipadukan dengan kentang dan lontong. Tak lupa taburan taugenya, taburan tauge memang sudah bagaikan topping wajib di hampir setiap kuliner khas Surabaya. Sementara yang membuatnya berbeda adalah siraman kuah dari petis ikan atau udang yang membuat lidah semakin segar. Lebih lengkap lagi, kerupuk selalu membuat hidangan tahu tek menjadi lebih sempurna.

 

  1. Nasi rawon setan

Nasi rawon setan memiliki khas kuah yang kental menghitam. Tak heran karena bahan utamanya adalah kluwak. Saat menikmatinya, anda pasti merasakan nuansa yang berbeda dari nasi rawon setan ini. Selain kuahnya yang nikmat karena pedasnya, dilengkapi pula dengan daging sapi dan kikilnya yang asyik karena kenya-kenyal.

 

  1. Nasi krawu

Biasanya, nasi krawu adalah kuliner khas Gresik. Tetapi, nasi krawu hadir di Surabaya untuk memeriahkan sensasi kuliner Surabaya dari beragam daerah yang termasuk dalam provinsi ini. Hampir semua kuliner nasi termasuk nasi krawu ini khas dengan taburan serundengnya yang gurih. Terlebih lauk pauk selalu pula melengkapinya seperti sambal terasi, jeroan sapi, semur daging dan sejenisnya.

 

  1. Tahu campur

Tahu memang sangat khas menjadi bahan dasar maupun pelengkap kuliner khas Surabaya. Bahkan hampir semua kuliner khas Surabaya menggunakan tahu seperti yang ada di masakan tahu tek dan lontong balap. Tetapi, tahu campur ini tak sama dengan yang lainnya. Yang menjadikannya berbeda adalah paduan perkedel dan daging sapinya. Agar semakin lebih segar, sajian tahu campur dilengkapi dengan selada. Tauge dan kerupuk yang ditaburkan diatasnya semakin menjadikan sajian tahu campur lebih semarak.

 

Itulah deretan kuliner khas Surabaya paling eksis dan legendaris yang bisa anda hampiri dan cicipi saat berada di kota Pahlawan. Jangan menyesal kalau tidak mencobanya karena cita rasanya sugguh menggoda